Admob

Cara Reskin Source Code Template Android

Bagi seorang publisher yang menggunakan aplikasi mobile sebagai sarana dalam mempublikasikan iklan pasti sudah tidak asing dengan kata reskin. Pengertian sederhananya, reskin adalah suatu kegiatan mengubah source code menjadi aplikasi bentuk baru yang siap dipublikasikan ke Google Play Store.

Untuk dapat melakukan reskin, setidaknya kita harus bisa mengoperasikan IDE (Integrated Development Environment), yaitu software yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan untuk pembangunan perangkat lunak yang nantinya akan digunakan untuk membuat aplikasi Android. Terdapat 2 IDE yang populer yaitu Android Studio untuk membuat aplikasi dan Unity untuk membuat game. Di luar itu juga ada software lain yang memungkinkan untuk membuat aplikasi dan game Android seperti Buildbox, Game Maker Studio dll.

Dalam artikel ini, pembahasannya akan saya batasi hanya fokus pada reskin template atau source code Android menggunakan Android Studio. Untuk Unity dan software lainnya akan saya bahas di artikel yang berbeda.

Cara Mendapatkan SC (Source Code) Android

Sebelum memulai reskin, tentu saja kita perlu menyiapkan source code atau template Android yang akan kita reskin. Kita dapat mendapatkannya secara berbayar melalui Marketplace maupun gratis melalui sebuah jaringan sosial yang dirancang untuk para developer berbagi source code bernama Github.

1. Marketplace (berbayar)

Cara mendapatkan sc template android gratis
Cara mendapatkan sc template android

Di dalam marketplace ini, kita akan menemukan berbagai jenis template yang sudah siap pakai. Terdapat beberapa marketplace yang menyediakan source code Android mulai dari aplikasi yang sangat sederhana hingga kompleks. Beberapa rekomendasi marketplace yang menurut saya memiliki reputasi dan pelayanan yang bagus yaitu Codecanyon.net, SellMyApp.com, dan Codester.com. Secara pengalaman pribadi, Codecanyon.net menjadi tempat favorit saya dalam mencari source code dan menjual source code. Tips saya, mulailah dari source code yang sederhana. Jangan lupa sebelum membeli, lihat kolom komentar karena di sana akan terlihat bagaimana kualitas source code tersebut. Jangan khawatir tidak bisa melakukan reskin karena di setiap pembelian pasti disertai dengan dokumentasi.

2. Github (gratis)

Jejaring sosial ini adalah tempat berkumpulnya para developer untuk berbagi source code. Tentu saja dengan tujuan berbeda-beda. Ada developer yang menyajikannya sebagai portofolio, ada juga yang bergabung ke dalam sebuah komunitas untuk mengembangkan open source project. Silahkan mampir di Github dan masukkan kata kunci yang dicari.

Dari kedua cara tersebut, jika tujuannya untuk berbisnis dan mencari cuan maka Marketplace adalah tempat yang tepat. Selain kita mendapatkan source code yang bersih dari bug, menghemat waktu, kita juga dapat memesan jasa reskin kepada si pembuat code. Akan tetapi dari pengalaman saya, harga yang dipatok lumayan. Jadi belajarlah untuk melakukan reskin sendiri.

Langkah-langkah Reskin Template Android

Berikut ini langkah-langkah dasar untuk melakukan reskin aplikasi menggunakan Android Studio :

  1. Download dan install Android Studio lengkap dengan SDK di dalamnya
  2. Siapkan source code yang akan diedit
  3. Ubah hal dasar terlebih dahulu. Beberapa hal yang wajib diubah yaitu package name, icon, dan nama aplikasi di String.xml
  4. Cek integrasi iklan. Ini sifatnya wajib, karena salah satu pelanggaran Admob yang sering muncul yaitu karena kesalahan dalam memasang iklan.
  5. Ubah aset di dalam aplikasi
  6. Ubah interface aplikasi sehingga navigasi lebih simple dan mudah. Atau setidaknya ganti warna jika benar-benar mentok untuk mengedit code.
  7. Tambahkan fitur pendukung. Jika sc yang diedit tadi masih sangat basic, maka kita dapat tambahkan fitur lainnya yang masih mendukung fungsi atau kegunaan aplikasi tersebut.
  8. Aplikasi siap di build menjadi apk ataupun app bundle.

Langkah umumnya seperti di atas, akan tetapi tidak dipungkiri banyak pula yang melakukan perombakan secara besar-besaran. Akan tetapi kembali lagi ke kebutuhan masing-masing.

Oh iya jika kalian ingin belajar Admob secara gratis dan terstruktur bisa mengakses di Kursus Admob. Untuk artikel lain seputar Admob dapat diakses di kategori Admob.

Leave a Reply