Admob

Mengiklankan Aplikasi Dengan Google Ads Untuk Meningkatkan Jumlah Download

Google Adwords yang sekarang berubah namanya menjadi Google Ads, yaitu platform periklanan milik Google. Kita dapat menjalankan berbagai kampanye di Google Ads, salah satunya yaitu untuk mempromosikan aplikasi di Playstore.

Setelah sebelumnya saya telah membahas berbagai cara membuat aplikasi, mulai dari menggunakan app builder, membeli source code, ataupun membangun aplikasi sendiri dari awal maka tugas selanjutnya yaitu untuk memasarkan aplikasi kita untuk meningkatkan jumlah download. Tentu sangat disayangkan saat kita sudah membangun aplikasi dengan susah payah, akan tetapi tidak mendapatkan jumlah install pengguna yang ditargetkan. Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah download aplikasi di playstore?

Paid Promote vs Organik Download

ASO adalah pondasi awal agar aplikasi kita dapat menarik perhatian pengguna. Ada kalanya sebuah aplikasi akan ramai dengan sendirinya tanpa dipromosikan, biasanya karena tingkat persaingan di keyword tersebut masih sedikit dan optimasi baik dari sisi on-metadata (judul, icon, screenshot, deskripsi) maupun off-metadata (download, rating) sudah sangat baik.

Akan tetapi dengan bertambahnya tingkat persaingan, maka sangat dimungkinkan aplikasi tersebut akan tergeser posisinya di pencarian Google Play.

Kelemahan dari organik trafik yaitu akan mudah tergeser oleh aplikasi-aplikasi kompetitor baik itu karena aplikasi lain yang lebih baik maupun lebih menarik. Lalu bagaimana cara agar aplikasi tetap berada di peringkat teratas? Jawabannya yaitu paid promote atau dengan mengiklankan aplikasi kita.

Promosi mahal? Maka gunakan kupon untuk mendapatkan promo kredit dari Google Ads.

Cara Mendapatkan Kupon Google Ads Gratis

Cara Mendapatkan Kupon Promo Google Ads
Cara Mendapatkan Kupon Promo Google Ads

Untuk lebih menghemat budget kita dapat memanfaatkan promo yang diberikan oleh Google Ads. Promo yang paling mudah didapatkan yaitu beriklan Rp.150.000 dan kita akan mendapatkan Rp.450.000. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengunjungi link berikut ini : Google Ads Promo.

Catatan : Promo mungkin akan berubah sewaktu-waktu. Gunakan email baru (yang belum pernah didaftarkan Google Ads untuk mendapatkan promo lagi).

Cara Promosi Aplikasi di Google Ads

Sebelum memulai mengiklankan aplikasi, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan yaitu akun Gmail dan metode pembayaran (bank transfer atau kartu kredit). Untuk pembayaran menggunakan transfer bank, biasanya harus menunggu beberapa jam atau bahkan beberapa hari agar saldo masuk ke akun Google Ads. Untuk itu saya sarankan untuk menggunakan metode kartu kredit agar saldo dapat masuk saat itu juga. Jika belum mempunyai kartu kredit jangan khawatir, kita juga dapat gunakan debit online seperti Jenius (Bank BTPN), debit Mandiri, debit Permata, Octopay (Bank Cimb Niaga) dll.

Kupon sudah didapatkan, saatnya kita beriklan. Berikut ini tahapan untuk beriklan aplikasi dengan Google Ads :

  1. Masuk ke dashboard Google Ads
  2. Pilih New Campaign, kemudian pilih App Promotion
  3. Pilih Android, karena kita ingin mempromosikan aplikasi di Playstore
  4. Masukkan nama aplikasi atau package name, atau nama publisher, lalu klik Continue
  5. Tulis Campaign Name atau nama kampanye, pilih negara, dan bahasa, maksimal budget harian, target biaya per install. Lalu pilih Save and Continue.
  6. Tulis nama Ad Group
  7. Masukkan headline atau keyword (maksimal 5) dan deskripsi (maksimal 5)
  8. Tambahkan gambar, video, atau HTML jika diperlukan
  9. Selesai
Cara Mengiklankan Aplikasi di Playstore
Cara Mengiklankan Aplikasi di Playstore

Jika sudah, maka aplikasi kita akan di distribusikan ke berbagai jaringan Google yaitu Google Search, Youtube, Google Display Network, dan Google Play (pencarian dan saran).

Tips Promosi Aplikasi di Google Ads Agar Untung

Sekarang kita sudah tau bagaimana cara atau tahapan beriklan aplikasi di Google Ads. Saatnya kita untuk mengoptimalkan platform periklanan ini agar mendapatkan keuntungan lebih. Prinsip sederhananya yaitu hasil yang didapatkan lebih besar dari biaya yang dibelanjakan, maka kita untung. Selama itu, maka jalankan terus iklan tersebut atau jika perlu scale up dengan cara menambah biaya iklan.

Berikut ini beberapa tips promosi aplikasi di Google Ads :

  1. Tentukan target negara. Jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi lokal (misal : Soal dan Pembahasan UTBK) maka pilih target negara Indonesia. Jangan pilih All countries.
  2. Tentukan bahasa sesuai target negara.
  3. Mulailah dengan budget kecil. Biasanya saya memulai dengan budget Rp.20.000 per harinya pada saat awal menjalankan iklan.
  4. Target cost per install dimulai dari biaya terendah, misal Rp.500. Jika iklan tidak berjalan maka tingkatkan biaya per install secara bertahap, Rp.550 Rp.600 Rp.650 dst.
  5. Target cost per install yang terlalu kecil dapat menyebabkan iklan tidak jalan. Solusinya yaitu mulai dari biaya cost per install yang cukup tinggi, misal Rp.1000, lalu secara bertahap biaya diturunkan.
  6. Untuk mendapatkan angka cost per install, dapat menggunakan referensi Google Keyword Planner.

Jika iklan sudah berjalan, yang harus kita lakukan yaitu meningkatkan kualitas aplikasi. Saya membagi menjadi 3 hal yang dapat kita tingkatkan yaitu :

  1. Dari segi user interface dan user experience, singkatnya aplikasi tersebut mudah digunakan dan navigasinya tidak membingungkan.
  2. Dari segi fitur, aplikasi dikembangkan terus menerus sehingga terdapat banyak fitur.
  3. Dari segi konten, meskipun aplikasi sederhana apabila kaya akan konten maka pengguna akan lebih betah untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan paid promote kita dapat meningkatkan peringkat aplikasi kita di Playstore. Jangan lupa saat kita sudah siap dengan paid promote, maka kualitas aplikasi juga harus ditingkatkan.

Leave a Reply