Admob

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple

Akun Google Play Developer Console atau teman-teman sering menyebutnya Godev adalah hal penting setelah kita selesai membuat aplikasi. Entah darimana awal mula sebutan Godev, karena saya penasaran saya coba cari di forum luar dan ternyata hasilnya nihil. Mungkin untuk mempermudah penyebutan, teman-teman menyingkatnya menjadi Godev. Jadi jika di artikel ini saya menggunakan istilah Godev berarti merujuk ke Google Play Developer Console.

Mengapa Harus Membuat Akun Godev?

Perlu diketahui untuk membuat akun Godev kira perlu membayar $25. Dulu saya pernah berpikir, di luar sana ada banyak app store lain selain Google Play. Kenapa harus membuat akun Google Play Developer Console?

Setelah saya mencoba tidak menggukan Google Play dan memilih menggunakan app store lain sebagai tempat publikasi, saya mendapatkan jawabannya. App saya sepi user install! Google Play adalah app store dengan market terbesar untuk Android, maka dari itu adalah kesalahan fatal jika mengandalkan app store lain sebagai sarana publikasi utama.

Gunakan Google Play sebagai tempat publikasi utama, dan jika diperlukan publikasikan ke app store lain sebagai pendukung.

Langkah Membuat Akun Godev

Setiap orang hanya diperkenankan memiliki satu akun Godev, untuk itu rawatlah dengan baik. Syarat untuk membuat akun Godev yaitu memiliki akun gmail, memiliki kartu kredit (atau altenatif lain sebagai pembayaran), menyiapkan kartu identitas.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilalui untuk membuat akun Godev:

  1. Menyiapkan gmail atau gunakan akun gmail yang sudah ada
  2. Masuk ke https://play.google.com/apps/publish
  3. Isi data yang diperlukan
  4. Melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau alternatif lain
  5. Pembayaran diterima, saatnya verifikasi identitas dengan mengupload KTP ataupun SIM
  6. Akun siap digunakan untuk mempublikasian aplikasi kita

Membeli Akun Godev Tanpa Kartu Kredit

Saya rasa untuk pembuatan akun sudah cukup jelas intruksinya, dan banyak pula artikel lain yang membahasnya. Yang ingin saya tekankan yaitu tentang metode pembayaran apa saja yang didukung dalam pembelian akun Godev.

Jika kita mempunyai kartu kredit, hal ini bukan masalah. Akan tetapi bagaimana jika tidak punya? Terdapat beberapa alternatif pembayaran akun Godev yang akan saya coba jabarkan dibawah ini.

1. Menggunakan VCN BNI

Waktu mendapatkan info bahwa BNI mengeluarkan fitur bernama VCN (Virtual Credit Card), saya langsung datang ke BNI untuk mengaktifkan fitur ini. Karena secara default fitur ini belum ada ketika kita membuka rekening di bank BNI.

Fungsi VCN dapat menggantikan kartu kredit, bedanya VCN tidak memiliki kartu fisik dan digenerate hanya saat kita membutuhkan. VCN dapat digunakan untuk segala hal yang membutuhkan kartu kredit sebagai metode pembayaran seperti belanja online baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan tentu saja dapat digunakan sebagai pembayaran akun Google Play Developer Console.

Sumber gambar : BNI

Harga akun Godev yaitu $25 atau setara dengan Rp.360.000. Untuk itu isi nominal VCN lebih dari itu, misal Rp.500.000. Uang sisanya akan dikembalikan ke rekening bank. Sebaiknya segera isikan data VCN ke pembayaran Godev, karena setiap VCN yang digenerate hanya berlaku selama 1 jam.

2. Menggunakan OctoPay CIMB Niaga

Sumber gambar : CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga mengeluarkan fitur serupa bernama OctoPay. Fiturnya sama dengan VCN BNI yaitu sebagai alat pembayaran pengganti kartu kredit. Halaman OctoPay dapat dilihat disini.

3. Menggunakan Jenius BTPN

BTPN mengeluarkan produk yang menurut saya paling bagus dibandingkan bank lain yaitu Jenius. Jenius yaitu debit online, dan ketika kita membuka rekening di Jenius akan langsung dapat digunakan untuk bertransaksi online.

Kita juga dapat membuat e-card baru dengan sangat mudah. Biasanya saya membuat e-card untuk manajemen keuangan. Misal e-card “Digital Product” hanya digunakan untuk membeli produk-produk digital.

Membuat Banyak Akun Godev Tanpa Multiple

Aturannya sudah jelas jika satu orang hanya diperbolehkan memiliki satu akun Godev. Lalu bagaimana jika kita ingin memiliki banyak akun? Jawabannya yaitu mendaftarkan akun dengan identitas yang berbeda (ayah, ibu, kakak, adik dll). Menurut saya hal ini sah-sah saja, karena tiap akun dimiliki oleh entitas yang berbeda.

Permasalahannya yaitu laptop/komputer yang kita punya terbatas, sedangkan jika kita membuka akun-akun tersebut di satu laptop maka dapat terdeteksi MULTIPLE ACCOUNT.

Solusi dari masalah ini yaitu menggunakan virtual machine seperti VMware, Virtualbox, ataupun virtual machine lainnya. Saya sendiri lebih senang menggunakan Virtualbox yang dapat didownload disini karena open source dan juga gratis.

Sumber gambar : VirtualBox

Buatlah virtual machine baru untuk setiap Godev yang dibuat. Hal ini digunakan untuk menghindari multiple account godev.

Modul ini akan diupdate sesuai dengan perkembangan dan kebijakan terbaru. Silahkan cek halaman ini beberapa hari lagi.

Leave a Reply