Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple

Tips membuat godev tanpa multiple
Tips membuat godev tanpa multiple

Akun Google Play Developer Console atau teman-teman sering menyebutnya Godev adalah hal penting setelah kita selesai membuat aplikasi. Entah darimana awal mula sebutan Godev, karena saya penasaran saya coba cari di forum luar dan ternyata hasilnya nihil. Mungkin untuk mempermudah penyebutan, teman-teman menyingkatnya menjadi Godev. Jadi jika di artikel ini saya menggunakan istilah Godev berarti merujuk ke Google Play Developer Console.

Mengapa Harus Membuat Akun Godev?

Perlu diketahui untuk membuat akun Godev kira perlu membayar $25. Dulu saya pernah berpikir, di luar sana ada banyak app store lain selain Google Play. Kenapa harus membuat akun Google Play Developer Console?

Setelah saya mencoba tidak menggukan Google Play dan memilih menggunakan app store lain sebagai tempat publikasi, saya mendapatkan jawabannya. App saya sepi user install! Google Play adalah app store dengan market terbesar untuk Android, maka dari itu adalah kesalahan fatal jika mengandalkan app store lain sebagai sarana publikasi utama.

Gunakan Google Play sebagai tempat publikasi utama, dan jika diperlukan publikasikan ke app store lain sebagai pendukung.

Langkah Membuat Akun Godev

Setiap orang hanya diperkenankan memiliki satu akun Godev, untuk itu rawatlah dengan baik. Syarat untuk membuat akun Godev yaitu memiliki akun gmail, memiliki kartu kredit (atau altenatif lain sebagai pembayaran), menyiapkan kartu identitas.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilalui untuk membuat akun Godev:

  1. Menyiapkan gmail atau gunakan akun gmail yang sudah ada
  2. Masuk ke https://play.google.com/apps/publish
  3. Isi data yang diperlukan
  4. Melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau alternatif lain
  5. Pembayaran diterima, saatnya verifikasi identitas dengan mengupload KTP ataupun SIM
  6. Akun siap digunakan untuk mempublikasian aplikasi kita

Membeli Akun Godev Tanpa Kartu Kredit

Saya rasa untuk pembuatan akun sudah cukup jelas intruksinya, dan banyak pula artikel lain yang membahasnya. Yang ingin saya tekankan yaitu tentang metode pembayaran apa saja yang didukung dalam pembelian akun Godev.

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple

Jika kita mempunyai kartu kredit, hal ini bukan masalah. Akan tetapi bagaimana jika tidak punya? Terdapat beberapa alternatif pembayaran akun Godev yang akan saya coba jabarkan dibawah ini.

1. Menggunakan VCN BNI

Waktu mendapatkan info bahwa BNI mengeluarkan fitur bernama VCN (Virtual Credit Card), saya langsung datang ke BNI untuk mengaktifkan fitur ini. Karena secara default fitur ini belum ada ketika kita membuka rekening di bank BNI.

Fungsi VCN dapat menggantikan kartu kredit, bedanya VCN tidak memiliki kartu fisik dan digenerate hanya saat kita membutuhkan. VCN dapat digunakan untuk segala hal yang membutuhkan kartu kredit sebagai metode pembayaran seperti belanja online baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan tentu saja dapat digunakan sebagai pembayaran akun Google Play Developer Console.

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple
Sumber gambar : BNI

Harga akun Godev yaitu $25 atau setara dengan Rp.360.000. Untuk itu isi nominal VCN lebih dari itu, misal Rp.500.000. Uang sisanya akan dikembalikan ke rekening bank. Sebaiknya segera isikan data VCN ke pembayaran Godev, karena setiap VCN yang digenerate hanya berlaku selama 1 jam.

2. Menggunakan OctoPay CIMB Niaga

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple
Sumber gambar : CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga mengeluarkan fitur serupa bernama OctoPay. Fiturnya sama dengan VCN BNI yaitu sebagai alat pembayaran pengganti kartu kredit. Halaman OctoPay dapat dilihat disini.

3. Menggunakan Jenius BTPN

BTPN mengeluarkan produk yang menurut saya paling bagus dibandingkan bank lain yaitu Jenius. Jenius yaitu debit online, dan ketika kita membuka rekening di Jenius akan langsung dapat digunakan untuk bertransaksi online.

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple

Kita juga dapat membuat e-card baru dengan sangat mudah. Biasanya saya membuat e-card untuk manajemen keuangan. Misal e-card “Digital Product” hanya digunakan untuk membeli produk-produk digital.

Membuat Banyak Akun Godev Tanpa Multiple

Aturannya sudah jelas jika satu orang hanya diperbolehkan memiliki satu akun Godev. Lalu bagaimana jika kita ingin memiliki banyak akun? Jawabannya yaitu mendaftarkan akun dengan identitas yang berbeda (ayah, ibu, kakak, adik dll). Menurut saya hal ini sah-sah saja, karena tiap akun dimiliki oleh entitas yang berbeda.

Permasalahannya yaitu laptop/komputer yang kita punya terbatas, sedangkan jika kita membuka akun-akun tersebut di satu laptop maka dapat terdeteksi MULTIPLE ACCOUNT.

Solusi dari masalah ini yaitu menggunakan virtual machine seperti VMware, Virtualbox, ataupun virtual machine lainnya. Saya sendiri lebih senang menggunakan Virtualbox yang dapat didownload disini karena open source dan juga gratis.

Membuat Akun Google Play Developer Console Tanpa Kartu Kredit Anti Multiple
Sumber gambar : VirtualBox

Buatlah virtual machine baru untuk setiap Godev yang dibuat. Hal ini digunakan untuk menghindari multiple account godev.

Modul ini akan diupdate sesuai dengan perkembangan dan kebijakan terbaru. Silahkan cek halaman ini beberapa hari lagi.

71 comments

      1. Pak..mau nanya..sy mau daftarkan game sy ke google play..sy mau bayar pakai kartu jenius anak saya..langkah nya bagaimana ya..misalkan sy itu mau buat di playstore aplikasi belajar menulis..sy beri judul belajar menulis ada 5 aplikasi didalam satu tampilan playstore..yang daftarkan email.sy.saja atau nama aplikasi belajar menulis ?lalu bgm urutan proses bayarnya..apakalh sy masuk dari google.play store atau masuk lewat gppgle play console?.twrimakasih

        1. Untuk mempublikasikan aplikasi masuk lewat google play console pak. Jika belum memiliki akun, pembayaran bisa via Jenius (boleh kartu siapa aja yang penting ada saldonya). Selanjutnya dilanjutkan verifikasi KTP pak. Jika sudah bisa langsung upload app

    1. Bisa gan, yang penting sama dengan nama identitas (KTP, SIM dll) karena nanti diminta upload identitas untuk verifikasi

    2. Berati satu kartu jenius bisa banyak bikin akun ya… tinggal nnati verifikasi pake ID KTP/SIM/PASSPORT Berbeda gan?

      1. Betul gan, nanti generate x-card Jenius untuk tiap akunnya dan verif menggunakan kartu identitas yang berbeda

  1. maaf kak, bagaimana cara mengetahui nomer kartu e-car jenuis?, untuk pembayaran google dev di minta memasukan nomer kartu.
    Terima kasih

    1. Bisa dicek di aplikasi Jenius, terus pilih kartu. Klik LIHAT KODE CVV, maka akan terlihat nomor kartu, expired date, dan CVV.

  2. Mau tanya kk, buat dua akun godev pake 1 jenius bisa tidak kk? terus untuk verifikasi identitasnya apkah boleh berbeda antara akun jeniusnya dengan kartu identitas

  3. Mau tanya hu, akun email(gmail) untuk akun admob dan akun godev harus beda ya?
    soalnya saya tanya2 harus beda.. terimaksih

  4. mau tanya gan, itu 1 akun bisa untuk ulpload apk berkali kali ya, misal apk 1 apk2 apk3 dst?? atau 1 akun $25 hanya boleh untuk 1x upload apk?? Jangan dibully ya gan, maklum newbi 🙂

  5. gan kalau saya daftar godev pake data istri yang alamat KTPnya sama dgn saya bisa? pake kartu kredit istri jg utk pembayaran.

  6. Hallo gan saya mau tanya dong, untuk pembuatan akun menggunakan VCN BNI dan Jenius masih bisa? Jika ingin membuat beberapa akun, apakah harus memiliki beberapa nomor rekening juga? Apakah ada verifikasi KTP? Jika ada, 1 KTP bisa digunakan untuk berapa akun? Dan kalau ternyata datanya tidak valid, credit $25 nya dibalikin ga gan? Mohon penjelasannya gan, sorry kalo banyak pertanyaan hehe terima kasih sebelumnya, semoga semakin sukses berkarya.

    1. VCN BNI sekarang sudah tidak bisa gan, lebih tepatnya fiturnya sudah dinonaktifkan oleh pihan bank BNI nya. Untuk Jenius masih bisa. Saat ini pembuatan akun wajib verifikasi KTP

  7. Saya sudah mencoba pakai jenius, sudah aktif dan dapat e-card juga, trus saya pakai buat nyoba Google Cloud Platform, tapi kenapa masih tidak bisa ya, muncul notif “perbaiki informasi kartu ini”. apa sekarang jenius udah gak bisa?

  8. Halo bang, awal bulan agustus tadi saya beli akun godev dari salah satu website, nah seminggu setelah itu akun saya kesuspend (beli akun yang sudah jadi pake identitas org lain), rencananya saya mau beli sendiri pake jenius pake identitas saya sendiri. kira2 kalo saya jalankan di laptop saya ini, akunnya bakalan kena suspend gak ya? atau ada saran yang lebih baik?

  9. bang mau nanya saya kan sudah melakukan pembelian dan sudah menerima email pembayaran, tapi sudah seminggu saya tidak menerima email untuk verifikasi, itu kenapa ya?

    1. Jika menggunakan akun luar tidak ada verifikasi, dan langsung bisa digunakan. Jika menggunakan akun lokal tidak ada verifikasi, coba cek apakah pembayaran sudah berhasil

  10. Klo aplikasi kita berbayar, trus jenis rekening apa dan gimana konfigurasinya biar google play bisa transfer ke kita gan???

  11. Mau tanya gan, akun godev sama akun admob saling bertautan ato tidak ya gan…?

    Lalu, bagaimana misalnya kita sudah publis aplikasi di satu akun godev, namun beberapa hari kemudian akun admobnya dinonaktifkan oleh google beserta adsensenya. Nah, kalo sudah begitu apakah akun godev yg sama sudah tidak bisa lagi masang iklan ayo gimana ya gan…?

    1. Akun Godev dan Admob tidak bertautan. Jadi jika terjadi sesuatu di Admob tidak mempengaruhi akun Godev. Jika Admob ditangguhkan, bisa diintegrasikan dengan akun lainnya.

  12. Daftar di Google Console memang harus bayar ya gan? Nggak ada alrternatif lain? Maaf saya proggamer baru 😀

    1. Untuk Google Console berbayar dengan $25 lifetime (tanpa biaya tahunan). Alternatif lain ada seperti Huawei Galery, Samsung App Store, Amazon Store dll. Akan tetapi dari segi pengguna, Google Console paling unggul.

  13. gan, bagaimana caranya untuk 1 akun godev tapi bisa release beberapa aplikasi dari klien yang berbeda (dengan nama masing-masing klien) ?

    1. 1 Godev bisa release beberapa aplikasi gan, untuk memberikan atribut nama bisa ditulis di judulnya aja

      1. maksud saya aplikasi “A” di developer name yang tertera di google playstore “A”, aplikasi “B” di developer name yang tertera di google playstore “B”, begitu juga dengan yg lain.
        apakah harus 1 godev untuk 1 developer name.?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *