Admob

Apa Itu Admob, Bagaimana Memulainya?

Artikel ini merupakan halaman awal dari Kursus Admob Gratis yang berisi pengenalan awal seputar Admob, apa saja yang dibutuhkan, dan bagaimana memulainya.

Yang akan dibahas di sini berupa pengenalan dasar seputar Admob, jika ada yang kurang dan ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah dan saya akan mengupdate artikel ini.

Apa Itu Admob?

Admob merupakan jaringan periklanan milik Google yang dikhususkan untuk platform mobile app. Pada awalnya Admob didirikan oleh Omar Hamoui pada tahun 2006, dan diakuisisi oleh Google pada November 2009 seharga $750 juta.

Saat ini Admob dapat diintegrasikan pada aplikasi dengan sistem operasi Android dan juga iOS. Perkembangan Admob sebagai jaringan periklanan mobile sangat pesat hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan mayoritas aplikasi mobile yang menayangkan iklan menggunakan jaringan periklanan ini. Terdapat lebih dari 1 juta aplikasi menggunakan Admob, dan dari 1000 top apps 81% nya menggunakan Admob. Jumlah advertisernya juga lebih dari 1 juta, jadi kebayang kan persaingan bidding mereka.

Jenis Iklan Admob

Terdapat 3 jenis iklan yang dapat ditayangkan di aplikasi mobile kita. Pihak publisher juga dapat menentukan jenis iklan mana yang akan ditampilkan. Hal ini diperlukan untuk tetap menjaga user experience pengguna aplikasi tersebut.

Banner

Berupa gambar yang biasanya diletakkan di sisi bawah aplikasi. Banner dapat berupa gambar statis ataupun gif.

Interstitial

Jenis iklan ini akan menutupi seluruh layar di smartphone. Iklan interstitial dapat berupa gambar, gif, ataupun video pendek. Untuk peletakannya dapat diletakkan di sela transisi antar halaman.

Rewarded Ads

Sesuai namanya, ketika pengguna melihat iklan ini maka akan mendapatkan reward. Kita dapat memberikan reward seperti menambah koin, nyawa, membuka fitur yang dikunci dll. Rewarded Ads berupa video iklan dengan durasi 30-60 detik, dan pengguna harus melihat video sampai selesai baru mendapatkan reward.

Bagaimana Mendaftar Admob

Untuk mendaftarkan diri dapat mengunjungi https://admob.google.com dan melakukan registrasi. Persyaratannya sangat mudah yaitu mengisi indentitas yang ada dan juga melakukan verifikasi indentitas berupa KTP ataupun SIM.

Perlu diketahui bahwa satu identitas hanya diperbolehkan untuk memiliki satu admob. Jadi jika ingin membuat akun baru silahkan gunakan identitas lainnya, bisa dengan mengajak rekan atau keluarga.

Kalkulasi Pembayaran

Admob mengkalkulasikan pembayarannya berdasarkan jumlah iklan yang ditayangkan dan nilai iklan tersebut. Terdapat beberapa indikator yang menentukan besarnya pendapatan yang dapat kita peroleh yaitu.

CPC (Cost Per Click)

Merupakan biaya yang dikeluarkan advertiser setiap iklan yang kita tayangkan mendapatkan satu klik. Nilai CPC sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang kita peroleh. Semakin tinggi nilai CPC iklan tersebut maka semakin besar pula pendapatan yang diperoleh.

RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Merupakan estimasi pendapatan yang diperoleh setiap iklan yang ditayangkan menyentuh 1000 impresi. Untuk menghitunya yaitu dengan membagi taksiran penghasilan dengan jumlah tampilan halaman yang diterima, kemudian dikalikan dengan 1000.

RPM = (Estimated earnings / Number of requests) * 1000

Sebagai contoh, jika memperoleh pendapatan $0,20 dari 30 request, maka RPM = ($0,20 / 30) * 1000, atau $ 6,66.

Contoh lainnya yaitu jika memperoleh pendapatan $150 dari 40.000 request, RPM = ($150 / 40.000) * 1000, atau $ 3,75.

Skema Pembayaran

Saat mendaftarkan Admob, terdapat tahapan yang harus terpenuhi sebelum dapat menerima pembayaran.

  1. Mendaftarkan diri dan mengisi data diri
  2. Mengintegrasikan dengan aplikasi kita
  3. Ketika menyentuh pendapatan $10 atau senilai Rp.130.000 maka akan diminta untuk verifikasi PIN. Dalam tahapan ini akan dikirimkan surat yang berisi PIN ke alamat yang tercantum pada akun tersebut. Waktu pengiriman 2-4 minggu.
  4. Verifikasi identias dengan mengupload foto KTP atau SIM
  5. Mengisi data pembayaran dengan memasukkan nomor rekening bank
  6. Minimum ambang pembayaran yaitu $100 atau senilai Rp.1.300.000. Setelah menyentuh angka tersebut barulah pendapatan akan langsung ditransfer ke rekening tersebut
  7. Penutupan kalkulasi pembayaran yaitu setiap akhir bulan dan akan dibayarkan setiap tanggal 21 pada bulan berikutnya.

Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Publisher Admob

Karena Admob adalah jaringan periklanan khusus untuk aplikasi mobile, hal yang kita butuhkan yaitu sebuah aplikasi mobile baik itu Android maupun iOS. Selain itu kita juga perlu mendaftarkan diri ke app store untuk mempublikasikan aplikasi yang kita buat. Google Play Developer untuk aplikasi Android, dan Apple App Store untuk aplikasi iOS.

Bahan :

  1. Akun Admob
  2. Aplikasi Android atau iOS
  3. Akun Google Play Developer atau Apple App Store
Modul ini akan diupdate sesuai dengan perkembangan dan kebijakan terbaru. Silahkan cek halaman ini beberapa hari lagi.

Leave a Reply