Bisnis Online

7 Kesalahan Memulai Bisnis Online [Kulgram Jago Jualan]

DISCLAIMER : Tulisan ini diambil dari group Telegram Jago Jualan. Segala bentuk copyright konten adalah milik Jago Jualan. Jika ada yang merasa dirugikan dengan tulisan ini silahkan kontak saya di halaman kontak, dan saya akan langsung menghapusnya. Terima Kasih.

Link Telegram Jago Jualan

Kulgram Oleh Adhitya Tri Arifianto, dengan moderator Toni Albarokah

Halo halo….

Assalamualaikum..
Selamat malam semuanya..

Untuk pertama kalinya alhamdulilah saya bisa sharing di grup ini…

Sebelumnya perkenalkan, saya Adhitya Tri Arifianto. Jika belum kenal saya, mungkin ada baiknya anda segera follow instagram saya disini >> https://instagram.com/adhityatri20

Saya juga sangat sering sharing materi materi ttg bisnis online di instagram. Insya Allah, bermanfaat untuk Anda. Amin…
So, mari kita mulai…Hmm..
Sebelum jauh jauh ngomongin kesalahannya panjang dan lebarnya, kita harus pahami juga, kesalahan itu bukan untuk di takuti apalagi di hindari, justru kesalahan ini bisa menjadi sebuah pelajaran penting buat kita dalam belajar.

Apalagi, dalam perkembangan digital marketing 4.0 di tahun 2019 yang semakin pesat ini, kesalahan adalah hal yang wajar dan wajib juga untuk “dinikmati”

So, dari kesalahan-kesalahan yang kita alami nantinya, tentu harapannya adalah sebuah pelajaran penting agar ke depannya juga kita bisa menjadi lebih baik lagi…

Let’s start!

Gini, kesalahan itu banyak macemnya, yang sering di alami oleh pemula, itu biasanya hal hal kecil, dan kebanyakan bukan hal teknis, sekaligus juga hal hal kecil ini bukan hal yang aneh aneh juga…

1. Berfikiran Bahwa Dengan Internet Dapat Menghasilkan Secara Instan

Paham kan, selama ini mind set kita kebanyakan di bangun dari hal ini, ini sebuah kesalahan umum yang sering kita alami. Berfikir bahwa internet dengan dunia digital membuat sesuatu dapat menghasilkan dengan cepat dan tentunya besar.

Mengapa ini menjadi sebuah kesalahan? Iya jelas dong, ketika sudah mikir seperti ini, biasanya, seseorang akan melupakan apa yang dinamakan itu sebuah proses. Padahal, dari proses inilah kita bisa mendapatkan banyak pelajaran, entah dari sisi bisnis itu sendiri, atau dari sisi kehidupan kita secara umum.

Well, internet dan digital marketingnya memang memudahkan, tapi bukan berarti “mereka” bisa membantu kita mendapatkan sesuatu yang instan.

2. Gak Punya Mentor Sebagai Penuntun Untuk Belajar

Jika murid membutuhkan guru, jika mahasiswa membutuhkan dosen, maka pebisnis pasti membutuhkan seorang mentor. Pebisnis sesukses apapun, pasti dirinya memiliki seorang mentor yang hebat. Permasalahannya, banyak yg berfikiran bahwa, mentor itu adalah seseorang yang bisa mengajari kita ttg hal hal teknis sampai bisa. Padahal, mentor bukanlah hanya sekedar itu, mentor juga adalah orang yang mampu mengarahkan kita ke jalan yang benar dan sesuai dengan apa yang kita pelajari.

Siapa saja yang bisa menjadi mentor? Tentu Anda sendiri lebih paham itu. Bisa orang tua, bisa istri/suaminya, bisa saudaranya, bisa temannya, bisa juga relasi bisnisnya. Siapapun itu bisa, yang paham kecocokannya adalah anda sendiri. Setiap mentor memiliki style sendiri, begitu juga anda yang ingin di mentorin, memiliki style sendiri. Segera cari mentor terbaikmu sekarang juga!

3. Semua Dipelajari Semua Dihajar

Maunya banyak ilmu, pengennya segala bidang ilmu bisa dan ahli. ITU SAMA SEKALI GAK SALAH YA! hehe

Tapi ingat, semua itu gak bisa anda pelajari bersamaan di waktu yang sama. Untuk belajar dengan baik, agar semuanya bisa anda nikmati dengan enak, maka belajarlah satu per satu, fokus pada bidang 1 ke bidang lainnya. Jangan semuanya di pelajari. Nanti, anda pusing sendiri. Misal, saat ini belajar FB Ads, nah pelajari FB Ads sampai mahir deh. Kalau sudah mahir, baru belajar lainnya!

4. Jadi Superman

Ini fatal nih, dan buanyak banget yang ingin jadi superman. Bentar, maksud saya superman bukan superman yang ada di tipi tipi ya haha Maksud saya superman adalah semuanya dikerjakan sendiri, seakan seakan dia adalah manusia super yang sudah gak butuh bantuan orang lain.

Bangunlah superteam, bukan jadi superman. YA YA YA YA nanti pasti ada yang ngomong, yaaaa biayanya makin gede dong mas. Oke, itu bener banget, bahkan profitnya tergolong jadi mengecil, tapi sadar gak sih, dari superteam itu waktu kita makin banyak yang kosong. Waktu kosong ini bisa kita manfaatin untuk mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat. Paham kan maksudnya?

5. Lupa Lingkungan Sekitar

Sudah memulai bisnis online, oke oke saya paham, anda berbisnis di dunia maya. Saya paham betul. Tapi, dari situ, bukan berarti kemudian di hari lain anda tidak berinteraksi dengan lingkungan sekitar anda, tidak bertemu dengan kawan kawan Anda, tidak ngopi ngopi santai dengan kawan Anda. Apa salahnya, tutup laptopnya, matikan komputernya, sejenak saja. lalu berangkat ke cafe untuk sekedar ngobrol santai dengan relasi bisnis Anda. Bukannya itu asik banget? hehe

6. Gak Mau Pasang Internet Stabil

Ini gimana ya jelasinnya, aneh tapi memang faktanya ada hehe

Gini maksudnya, ingin memulai bisnis online, oke deh anggap aja bikin toko online ya. Sudah jelas kan, senjata utamanya adalah INTERNET kannnnn? Terus, pasang internet di rumahnya saja gak mau. Ini lucu kan? tapi ada banyak yang begini. maunya cuman pakek paketan data di hape, pakek tathering di hape, pokoknya maunya menghemat dan gak langganan internet. Aneh? JELAS! Karena internet, dalam bisnis online itu ibarat cangkul buat petaninya.

Bukankah akan lebih mudah jika anda memasang internet di rumah anda, lalu kapanpun bisa online semau anda. Ini lebih asik lebih simple kaaannn?

7. Lupa Do’a

Poin ini gak perlu di jelasin ya. Anda pasti lebih paham daripada saya tentang ini.

Sesi Tanya Jawab Kulgram “7 Kesalahan Memulai Bisnis Online”

Q : Tanya mas, poin kedua saya pengin punya mentor nyarinya gimana ya mas banyak banget soalnya bingung terimakasih

A : Jika mas ingin mencarinya, cari yg paling dekat dulu. Ini tentang komunikasi biar lebih mudah..
Kedua, bisa di ajak diskusi, bukan hanya ttg dia mengarahkan. Tp juga bisa bertukar pikiran..
Ketiga, menerima pemikiran2 baru. Ini wajib, mentor dan yg di mentorin biasanya pisah karena perbedaan mendasar, salah satunya ttg pemikiran..


Q : Kak mau tanya tentang poin ke empat, kalo jadi reseller kan tidak ada partner nya. Nah itu kan dikerjakan sendirian alias superman. Order sudah melalui web sendiri dari pihak perusahannya, pengiriman juga sudah langsung dikirim ke reseller. Nah trus yg saya bingungkan, agar tidak jadi superman itu gimana yaa

A : Jadi reseller hanya itu saja urusannya? Misalnya, utk gambar promosinya. Promosinya juga. Content marketingnya. Masih banyak urusannya. Dari situ, bisa kan dibentuk tim..


Q : Tanya point6 , bukannya dengan hp saja sudah cukup?

A : Yep. Cukup.. tapi, saya yakin, bisnis tdk hanya ttg cukup, tapi ttg bagaimana bisa membantu orang. Dan utk melakukan itu, dg hp saja tdk bisa maksimal..


Q : Mas bagaimana cara bentuk team yang solid? Apakah perlu ada pertemuan rutin?

A : 1. Komunikasi itu utamakan
2. Berikan apa yang mereka butuhkan
3. Pertemuan rutin? Bukannya ini yg biasanya akar sebuah drama dalam tim ya. Jd lebih baik di kurangi.
4. Jadikan mereka “saudara”


Q : Untuk poin no 4. Kenapa saya jadi supermen. Karna saya berfikir saya harus jago julan dulu baru punya superteam apa itu juga suatu kesalahan…?

A : Jawabannya bisa dengan sebuah pertanyaan..
Apakah jago jualan itu hanya ttg menjual sebuah produk saja? Entah itu dr segi teknis maupun non teknis..


Q : Bukankah bisnis online mudah dikerjakan mas..jd utk merekrut reseller dgn memanfaatkan internet

A : Nggak se-simple itu hehe
Ada banyak tantangan dan masalahnya. Itu sudah pernah saya balas di instagram saya. Coba cek dlu ya mas e..
Penjualnya tdk pernah memaksa pembelinya utk membeli sebuah produk. Penjualnya hanya membuat pembelinya tertarik dan mau membeli sebuah produk..
Jika pertanyaannya bagaimana solusinya? Tutup semua informasi yg membuat semua itu tdk fokus. Jikalaupun tdk ditutup, harus siap menerima “resikonya”


Q : Untuk pebisnis pemula biasanya kan merangkap seperman, karena belum ada budget untuk superteam. Bagaimana menurut mas adi terkait hal tersebut. Terimakasih.

A : Bisa kok hehe. Utk superman saya juga begitu dlu kok. Jadi gini, masalah superteam ini bukan masalah gaya juga loh ya. Hal yg paling sulit memang disini, ttg tata kelola. Tp percayalah, sebagai pebisnis, pasti anda punya naluri utk itu. Naluri utk, kapan bikin tim dan kapan harus tdk bikin tim.
Delegasi itu hal mudah tp rumit, saya pun masih belajar ttg itu..


Q : Mau jualan online, tpi ga tau produk apa yg djual… aku mau produk yg sering dbutuhkan masyarakat & untungnya tinggi…ad rekomendasi?????

A : Jualah produk yg saat ini sedang mas pakai dan itu membantu dari masalah yg mas alami. Setidaknya, mas sudah tau manfaatnya 🙂


Q : Selamat malam.. Salam kenal Mas Adhitya
Yang mau aku tanyakan adalah aku kan belum punya rumah sendiri masih ngontrak sebulannya 800rb blm dengan token bagaimana caranya mengatur keuangan untuk berlangganan internet karena selama ini saya pakai kouta internet 12 GB..
Dan selain itu bagaimana caranya agar kita bisa membangun superteam yg bagus agar bisa sama sama sukses..

A : Belajar tentang finansial. Gini kalo masalah paket inet..
Pakai indihome, itu hanya 300rb per bulan loh. Sepuasnya di pakai…
Utk tim, udah saya jawab di atas yak

Penutup

Makasih ya kawan-kawan sudah nyimak sampai akhir. Sampai jumpa di sesi kulgram berikutnya..

Semoga bisnisnya terus tumbuh dan pastinya jualannya makin laris..

Leave a Reply